Rabu, 07 September 2022

Statistik Interferensial pertemuan kedua

 

Review Artikel:

Application of e-handout based on PhET simulation to improve critical thinking skills and learning independence of high school students

Link artikel: https://www.researchgate.net/publication/338511345_Application_of_e-handout_based_on_PhET_simulation_to_improve_critical_thinking_skills_and_learning_independence_of_high_school_students

 

A.      Novelty artikel:

Era globalisasi dalam dunia pendidikan pada abad 21 sangat diperlukan  keahlian atau keterampilan bagi guru dalam menghadapi berbagai permasalahan dalam kegiatan pembelajaraan. Guru dituntut agar lebih ahli dalam meguasai berbagai hal agar peserta didik lebih aktif selama proses pembelajaran. Salah satu hal yang harus guru tingkatkan dalam proses belajar yaitu dengan menerapkan pembelajaran yang melatih sikap berpikir kritis dan kemandirian siswa. Hal tersebut tidaklah mudah bagi seorang guru karena masih banyak peserta didik yang memiliki persepsi pembelajaran fisika disekolah tidak menarik dan tidak mudah dimengerti. Persepsi siswa mengenai pemebelajaran fisika tidak mudah dimengerti dilihat dari mengerjakan soal serta soal sulit dipahami. Penerapan model pembelajaran sebelumnya menunjukan aktivitas hasil belajar tidak terlibat secara langsung. Tidak semua peserta didik bersikap aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta sikap kemandirian siswa masih dianggap kurang. Hal ini disebabkan oleh kurangnya semangat, motivasi serta kekurang tepatan dalam pelaksanaan model pembelajaran dikelas. Maka dari itu dalam penelitian ini model problem based-learning akan diinovasi kembali dengan mengaitkan beberapa perangkat didalamnya agar peserta didik lebih terlatih sikap kritis dan mandiri.

Penerapan model problem based-learning sangat cocok digunakan pada abad 21 dengan menyesuaikan dari kurikulum 2013 dengan tujuan agar peserta didik mandiri serta aktif dalam pembelajaran . selain itu model ini didukung dengan pemberian media digital teknologi dalam pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan media elektronik dapat membantu siswa dalam meningkatkan literasi fisika, memahami materi, meningkatnya kempuan berpikir siswa serta melatih sikap kemandirian pada siswa. Oleh karena itu, model problem based-learning merupakan solusi dalam peningkatan kemampuan bepikir peserta didik dan sikap kemandirian dalam belajar.

 

B.            Analisis Statistic

Penelitian yang dilakukan menggunakan skor N-Gain dengan menggunakan model one-group pretest-posttest. Penggunaan model tersebut diperolehlah data dari hasil tes awal dan akhir baik di kelas eksperimen maupun kelas eksperimen kuesioner kemandirian belajar. Pelaksanaan pengujian analisis statistic dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t-test.

Berdasarkan tabel keluaran uji sampel independen di bagian asumsi varians yang sama, nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,007<0,05, disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi bisa disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa independensi di kelas modeling dan kelas implementasi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar