Halo Teman-teman kali ini saya akan analisis jurnal yang berjudul "Pengaruh Penggunaan Virtual LaboratoryTerhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika."
Link Akses Jurnal :
http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/776/526
Deskripsi Novelty
Pada Artikel ini peneliti berusaha
menunjukkan Novelty artikelnya dengan paragraf di samping. Menurut peneliti “Penelititan Ini belum banyak dilakukan
karena menggunakan aplikasi yang mudah diakses melalui android sehingga
meminimalisasi kesulitasn peserta didik untuk menggunakan media virtual
laboratory”.
Dimana penelitian sebelumnya
menunjukkan bahwa: (1)Adanya dampak positif positif penggunan virtual
laboratory terhadap hasil belajar; (2)Terdapat Peningkatan pemahaman konsep
dengan topik cahaya dan optik khususnya tentang pembentukan bayangan pada cermin
dan lensa; (3) Untuk mendapat hasil belajar yang tinggi, maka peserta didik
harus memiliki motivasi tinggi baik pada kelas virtual experiment maupun
konvensional.
Aplikasi yang di maksud pada artikel
ini adalah Physic virtual lab yang
dapat dicari dengan mudah melalui google play store sebagai media alternatif
agar dapat memaksimalkan pembelajaran. Aplikasi ini mencakup berbagai simulasi
seperti cahaya dan optik, mekanika, listrik dan magnet, gelombang,
termodinamika, dan mekanika kuantum. Aplikasi Android sebagai simulator
memiliki keunggulan yaitu portabilitas dan kompatibilitas yang tinggi (Erfan et
al., 2021). Aspek portabilitas memungkinkan pengguna untuk menyimulasikan
cahaya dan optik kapan dan di mana saja (Aljuhani et al., 2018), sedangkan pada
aspek kompatibilitas, aplikasi ini dapat diinstal pada smartphone dengan OS
Android versi 3.0 hingga versi terbaru dan dapat dijalankan di Personal
Computer (PC) jika desktop PC diinstal
Analisis Statistik Inferensial
Pada Artikel ini, setelah data-data
dikumpulkan, maka akan dianalisis menggunakan pengujian hipotesis. Rencana awal
peneliti adalah dengan menggunakan Uji Analysis of varian (ANOVA) bertujuan
untuk menguji variabel singular yang memiliki pengaruh secara simultan terhadap
variabel terbatas (Sugiyono, 2016).
Namun, karena terdapat kelompok yang
berdistribusi tidak normal, maka pengujian dialihkan menggunakan uji
nonparametrik yaitu uji kruskal wallis yang digunakan untuk menguji hipotesis
umum. Uji Kruskal Wallis merupakan uji nonparametrik berbasis peringkat
yang tujuannya untuk menentukan adakah perbedaan signifikan secara statistik
antara dua atau lebih kelompok variabel independen pada variabel dependen yang
berskala data numerik (interval atau rasio) dan skala ordinal.
Sedangkan untuk hipotesis khusus
peneliti menggunakan uji mann-whitney. Mann Whitney Test adalah uji non parametris
yang digunakan untuk mengetahui perbedaan median 2 kelompok bebas apabila skala
data variabel terikatnya adalah ordinal atau interval/ratio tetapi tidak
berdistribusi normal. Tolak ukur dalam pengambilan keputusan yang diasumsikan
adalah apabila nilai signifikansi ≤ 0,05 maka hipotesis
menolak H0 dan menerima Ha.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar