Senin, 14 November 2022

One Way Ancova

 Halo Teman-teman kali ini saya akan analisis jurnal yang berjudul "The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students"


Novelty

Latar Belakang

Masalah yang muncul adalah orangtua ditaiwan yang selalu yang masih terikat dengan budaya sehingga menyekolahkan anak disekolah umum yang masih tergolong kemampuan motivasi hasil belajar siswa masih rendah. hal ini diakibatkan sebagian besar siswa sekolah menengah pertama belajar di lingkungan belajar yang penuh dengan pembelajaran yang berpusat pada guru. Siswa terbiasa menerima instruksi langkah demi langkah. Pembelajaran ilmu dari buku teks dan ujian tidak biasa ditransfer ke kehidupan sehari-hari dan kepekerjaan yang mereka ambil. Ketika siswa ini masuk kesekolah kejuruan, yang menekankan pada praktik pengetahuan dan kemampuan langsung, hanya sedikit dari mereka yang memiliki pengalaman pemecahan masalah, sehingga guru dalam sekolah menengah kejuruan mengalami kesulitan untuk mengajar siswa penyelesaian masalah.

Solusi yang ditawarkan

Dalam Penelitian ini tidak ada pembaharuan. Dalam Penelitian tersebut terkait dengan permasalahan yang dihadapi solusi yang ditawarkan ialah: penggunaan pembelajaran berbasis Proyek (PBL) biasanya dianggap sebagai pendekatan untuk pengajaran di mana siswa menanggapi pertanyaan dunia nyata atau tantangan melalui proses penyelidikan diperpanjang. Dan beberapa hasil studi menunjukkan bahwa PBL memiliki potensi untuk meningkatkan hasil siswa dalam domain afektif termasuk sikap terhadap kimia dan keyakinan efikasi diri. Singkatnya, bukti potensi pendekatan PBL, terutama memfasilitasi prestasi belajar dan motivasi siswa didokumentasikan dengan baik di awal studi. Selain itu, pendekatan PBL telah digunakan dalam STEM pendidikan yang terpadu dan praktis untuk meningkatkan pemahaman materi pelajaran. Kejuruan pendidikan ditekankan pada integrasi disiplin dan kemampuan berlatih; oleh karena itu, PBL dapat diterapkan dengan benar tidak hanya di sekolah umum tetapi di sekolah kejuruan. Untuk meningkatkan pendidikan kejuruan di Taiwan, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh PBL terhadap pembelajaran motivasi dan kemampuan pemecahan masalah SMK siswa sekolah.

Analisis Statistik

Penelitian ini menggunakan pengujian dengan One Way Ancova dengan metode penyelidikan campuran antara kuasi-eksperimen dan metode kualitatif. 

     Hasil ANCOVA satu arah terhadap motivasi belajar siswa ditunjukkan pada Tabel I. Terdapat signifikansi antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol (F=32.335, p=.000<.05). Artinya motivasi belajar siswa SMK dipengaruhi oleh kegiatan PBL. Perubahan motivasi belajar kelompok perlakuan lebih positif dibandingkan kelompok kontrol.  

    Hasil uji Levene menunjukkan tidak ada signifikansi (F=.974, p=.326 .05). Dengan kata lain,  analisis data diikuti dengan hipotesis dasar ANCOVA. Hasil ANCOVA satu arah untuk kemampuan pemecahan masalah siswa ditunjukkan pada Tabel II. Ada signifikansi antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol (F=104.833, p= .000 <.05). Artinya kemampuan pemecahan masalah siswa SMK dipengaruhi oleh kegiatan PBL. Perubahan kemampuan pemecahan masalah kelompok perlakuan lebih positif dibandingkan kelompok kontrol.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar