Rabu, 26 Oktober 2022

pertemuan ke sembilan: Komparatif: prasyarat analisis, uji t dan non-parametrik yang relevan

 Judul Artikel : PENGARUH GOOGLE CLASSROOM BERBASIS WEB DENGAN IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

link artikel: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPF/article/view/39286/20118


Analisis Novelty

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  hasil  belajar  siswa  dalam  penggunaan  aplikasi Google Classroomberbasis web dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi pokok fisika termodinamika. Selain itu, respon siswa terhadap perlakuan yang diberikan juga menjadi bahan evaluasi peneliti. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimen   dan   menggunakan   desain   penelitian one-shot   case   study. Desain ini dipilih karena adanya pengurangan alokasi waktu pembelajarandi sekolah selama pandemik. Oleh karena dengan menggunakan desain ini proses implementasi metode dan gagasan penelitian dapat berlangsung dengan cepat dan efisien.


Analisis Statistika Inferens 

Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji hipotesis.  Untuk uji normalitas menggunakan teknik pengujian kecocokan data dengan menggunakan uji statistik chi kuadrat (χ2), dengan rumus (Sudjana, 2005: 273) sebagai berikut

Keterangan:

χ2= harga chi kuadrat

Oi= frekuensi observasi

Ei= frekuensi harapan

Hipotesis ini mengandung pengertian minimum, dengan rumus (Sudjana, 2005: 227):

Analisis  hipostatik data penelitian menggunakan  teknik uji rata-rata  dengan statistik uji t, dimana  pengujian  hipotesis  akan  didasarkan  pada  KKM  di  sekolah  penelitian  yaitu  75.  Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, maka diketahui bahwa nilai t hitung untuk masing-masing kelas adalah 7,27, 3,44,  dan 4,17 yang lebih besar  dari harga t tabel yaitu 1,69 (thit> ttab), maka hipotesis statistik yang berlaku adalah H0diterima dan Ha ditolak untuk semua kelas penelitian, dimana H0menyatakan hasil belajar siswa minimal 75 dengan predikat baik (B).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar